Juara 1 Posyantek Berprestasi Tk. Nasional
Juara 1 Posyantek Berprestasi Tk. Nasional

Tahun 2013 tepatnya di Bulan Mei melalui SK Walikota No. KPTS.192/HK/V/2013 Posyantek Gerbang Madani yang saat itu masih bernama Posyantek Bengkong resmi terbentuk. pada saat itu para pengurus masih belum bisa mengelola Posyantek secara masksimal selain dikarenakan belum adanya Sekretariat juga saat itu belum ada pembinaan dalam bentuk pelatihan dan pengenalan bagaimana cara mengurus sebuah Organisasi Masyarakat yang masih tergolong baru dan belum terdengar gaungnya.

Posyantek Mitra Pantura
Posyantek Mitra Pantura

di Awal tahun 2014, Provinsi Kepri melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Daerah (BPMD) mengadakan kegiatan Study Banding ke Posyantek Mitra Pantura – Pekalongan, Jawa Tengah yang menjadi Juara Posyantek Tingkat Nasional tahun 2012. Kegiatan yang diikuti oleh Perwakilan Pengurus Posyantek di 7 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kepri tersebut mempunyai target dan program yg hasilnya adalah menjadikan Posyantek yang ada di wilayah Kepulauan Riau bisa juga menjadi yang terbaik di Kancah Nasional.

Bimtek Penguatan Posyantek
Bimtek Penguatan Posyantek

Program yang dibuat oleh Kepala Bidang BPMD pada saat itu dijabat oleh Ir. Bertha De Jurisal berbentuk Bimbingan Teknis Pelatihan/Penguatan Posyantek serta berkunjung dan melihat langsung Proses Pengembangan Organisasi Posyantek, dengan Support dari Pemerintah dan kerjasama Masyarakat khususnya UKM & Instansi Pendidikan membuat seluruh peserta pelatihan & Pengurus Posyantek terinspirasi dan mendapat wawasan cara mengelola Posyantek yang baik.

LIPI - Subang
LIPI – Subang

Penguatan Posyantek dengan Skema diatas memberikan manfaat dan efek yang luar biasa. Selain memberikan pelatihan pengelolaan Posyantek di Pekalongan, Panitia juga mengajak peserta untuk berkunjung dan melihat langsung alat – alat TTG di pusat Pengembangan alat TTG di LIPI – Subang, Jawa Barat. disini kita melihat bagaimana sesungguhnya proses penciptaan alat TTG dan aplikasinya di Masyarakat.

Singkat cerita, sepulang Pelatihan & study banding dari Pekalongan dan LIPI Subang para pengurus ditarget untuk bisa menerapkan hasil pelatihan di Wilayah Masing – masing. Khusus buat Posyantek Bengkong Kota Batam, saya langsung menghubungi seluruh pengurus untuk mengadakan pertemuan dan menyebarkan informasi yang diperoleh untuk selanjutnya dijadikan rencana Kerja 2014.

Program awal pengurus adalah bagaimana memiliki sekretariat yg representativ agar bisa dijadikan tempat berkumpul juga sebagai tempat penyampaian informasi – informasi TTG kepada stakeholder. Syukur Alhamdulillah karena sebagian besar Pengurus mempunyai Background sebagai Pendidik/Guru, Yayasan Hang Tuah Batam yang mempunyai konsen terhadap dunia pendidikan meminjamkan salah satu ruangan yang ada di lingkungan Sekolah Islam Hang Tuah Batam untuk dijadikan Sekretariat Posyantek Gerbang Madani sekaligus mengadakan kerjasama dalam pengembangan Extra Kurikuler Sekolah yang berwawasan lingkungan.

Pelatihan Daur Ulang Kertas
Pelatihan Daur Ulang Kertas

Gayung Bersambut, Program kedua kita adalah mensosialisasikan kepada Masyarakat Batam tentang peran dan fungsi Posyantek terhadap pertumbuhan Ekonomi masyarakat. Cara pertama adalah mengadakan pelatihan sederhana pengolahan sampah kertas untuk di daur ulang dan dijadikan produk yang bernilai ekonomis. Program latihan pertama ini di ikuti oleh siswa – siswi Sekolah Islam Hang Tuah.

Beberapa kali mengadakan pelatihan ternyata hal yang menjadi kendala adalah masalah Pendanaan, selain belum mempunyai Sponsor Posyantek juga belum mendapatkan alokasi anggaran dari Pemerintah daerah sehingga mau tak mau setiap kegiatan yg dilakukan adalah hasil dari Swadaya Pengurus.

Administrasi yang dimiliki Posyantek
Administrasi yang dimiliki Posyantek

Support yang diberikan Pemda mulai terlihat, dengan memberikan seperangkat alat Kantor berupa Komputer, Printer, Meja & Kursi Kerja serta 1 buah almari penyimpanan dokumen membuat pengurus sudah bisa menyusun administrasi terkait dokumen – dokumen kelengkapan Posyantek. Visi- Misi, AD – ART, Program Kerja, Brosur & Media Informasi lainnya mulai tertata rapi di Sekretariat.

Batam Technopreneur 2014
Batam Technopreneur 2014

Dipertengahan tahun 2014, Instansi Badan Pengusahaan (BP) Batam mengadakan perlombaan Batam Technopreneur yang diikuti oleh 160 Peserta Lomba dan dari hasil seleksi administrasi Posyantek Gerbang Madani berhasil masuk Nominasi 10 Besar dengan Produk berjudul Hidroponic Electricless, yaitu sebuah inovasi sederhana memanfaatkan Pompa Hidram sebagai pengganti Pompa Listrik yang dijadikan sebagai alat sirkulasi air.

Target utama dari kegiatan Batam Technopreneur adalah untuk mensosialisasikan Lembaga Posyantek kepada masyarakat & stakeholder, target tersebut berhasil dengan capaian Posyantek menjadi Juara Harapan 1 dan saat pembagian hadiah yang menyerahkan langsung adalah Gubernur Kepualaun Riau H.M Sani. Nama Posyantek mulai terdengar oleh para Pejabat dan tamu undangan yang hadir.

Forum Komunikasi Posyantek Kota Batam
Forum Komunikasi Posyantek Kota Batam

Dari hasil perlombaan Batam Technopreneur 2014, Posyantek Mulai mencoba melakukan Inovasi terhadap Produk Hidroponic Electricless dan direncanakan untuk kembali diikutkan dalam Perlombaan Gelar TTG Kota Batam tahun 2015. diakhir tahun 2014 ini, dari capaian yang dihasilkan oleh Posyantek Gerbang Madani diadakan kegiatan sosialisasi peranan Posyantek oleh Dinas PMPK-UKM kota Batam hingga terbentuk sebuah wadah pengurus Posyantek se-Kota Batam yang diberi nama Forum Komunikasi Posyantek Kota Batam.

Ditahun 2015 BPMD Prov. Kepulauan Riau kembali mengadakan program pelatihan dan penguatan Pengurus Posyantek di Kota Cilegon , namun agar pengurus Posyantek di Kecamatan lain juga bisa merasakan manfaat pelatihan maka Posyantek Gerbang Madani tidak ikut dalam kegiatan. walaupun tidak ikut, Dinas PMPK-UKM Kota Batam melalui Ibu Rayanis Aminah & Bpk. Yosse Rizal yang menjadi pendamping dalam kegiatan pelatihan Posyantek di Cilegon memberikan masukan dan informasi hasil dari kegiatan yaitu bagaimana bekerjasama dengan CSR untuk membantu Posyantek dalam masalah Pendanaan.

Dalam rangka aplikasi study banding di Cilegon pengurus Posyantek diajak untuk silaturahmi ke PT. McDermott Indonesia yg merupakan salah satu Perusahaan Shipyard yang ada di Kota Batam. PT. McDermott Indonesia kemudian diajak berpartisipasi sebagai salah satu Juri dalam kegiatan Lomba Gelar TTG 2015 Kota Batam.

Lomba TTG Kota Batam 2015
Lomba TTG Kota Batam 2015

Dalam Lomba Gelar TTG Kota Batam 2015, Posyantek Gerbang Madani dengan Produk Inovasi Hidroponik Electricless berhasil menjadi Juara 3 dan mendapat uang pembinaan sebesar Rp. 10.000.000. salah satu Juri Lomba TTG Kota Batam 2015 adalah Bpk. Ir. Arie Sudaryanto M.P. yang juga merupakan Sivitas LIPI Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna. Bpk. Arie termasuk salah satu orang yang berperan memberikan masukan kemajuan Posyantek Gerbang Madani kedepannya.

Kebun Hidroponik Posyantek
Kebun Hidroponik Posyantek

Mendapat uang pembinaan yang cukup besar, Posyantek Gerbang Madani mencoba membuat sebuah unit usaha Produktif agar bisa membantu Posyantek memiliki sumber dana guna menghidupi Organisasi. Kebun Hidroponik dipilih menjadi salah satu unit usaha dengan harapan kebun tersebut bisa menjadi wisata Edukasi dan juga sebagai sarana pelatihan.

Untuk mendukung kegiatan Posyantek dan menindaklanjuti Program Dinas PMPK-UKM dengan PT. McDermott Indonesia, Posyantek mulai melakukan penjajakan kerjasama dalam melakukan kegiatan pelatihan Hidroponik kepada masyarakat dengan mengajukan penawaran kepada PT. Mcdermott Indonesia sebagai sponsor utama.

Pelatihan Hidroponik
Pelatihan Hidroponik

Tidak mudah untuk mendapat kepercayaan CSR perusahaan, butuh strategi dan presentasi proposal guna meyakinkan program yang dibuat bisa mencapai target yang diharapkan. namun berkat kerjasama yang baik antara pengurus dan team CSR akhirnya program pelatihan yang bernilai sekitar Rp. 30 juta bisa berjalan sukses.

Kunjungan Masyarakat & Liputan Media
Kunjungan Masyarakat & Liputan Media

Masyarakat, pemerintah dan stakeholder lainnya mulai merasakan manfaat Posyantek, kunjungan demi kunjungan ke Sekretariat dan Kebun Hidroponik Posyantek mulai ramai, bentuk – bentuk pelatihan Pengurus dan seminarpun mulai dirasakan oleh para Pengurus Posyantek, undangan sebagai Narasumber oleh media masa seperti Radio RRI untuk wawancara kegiatan kreatif Kota Batam, kerjasama dengan KUBE & UKM disekitar Wilayah Kec. Bengkong mulai dijajaki hingga akhirnya unit usaha Hidroponik Posyantek juga terus berkembang hingga memiliki Produk baru berupa Teh Daun Mint dari hasil Budi Daya menggunakan Teknologi Hidroponik.

Unit Usaha Produktif Posyantek
Unit Usaha Produktif Posyantek
Pendampingan UKM & Sosialisasi Produk
Pendampingan UKM & Sosialisasi Produk

Tahun 2016 Posyantek Gerbang Madani di usulkan oleh Kota Batam untuk mengikuti seleksi Posyantek Berprestasi Tingkat Provinsi dan berhasil menjadi Juara 1, kemudian dijadikan Perwakilan Provinsi Kepri untuk bertanding pada Tingkat Nasional. dari 400 Posyantek yang ada di Seluruh Indonesia bedasarkan hasil seleksi Administrasi, Posyantek Gerbang Madani berhasil menempati Rangking 1 dari 10 Besar Posyantek yang behasil masuk Nominasi.

Persiapan dilakukan oleh semua pihak mulai dari Tingkat Kecamatan, Kota hingga tingkat Provinsi Kepri guna menyiapkan Strategi untuk bisa masuk Nominasi 6 Besar Nasional. Team Verifikasi yang datang untuk menyeleksi Posyantek Gerbang Madani pada saat itu adalah Ibu Anastutik & Bpk. Priyono, saat Verifikasi memang masih terdapat beberapa kekurangan administratif yang harus segera dilengkapi untuk ditampilkan apabila terpilih menjadi nominator 6 Besar Nasional.

Peran Bu Anastutik dan Bpk. Priyono sangat vital dalam kegiatan ini, untungnya walau datang sebagai tim Verifikator, tim juga memberikan pembinaan dan dukungan agar lebih semangat lagi menyiapkan segala sesuatunya terkait dengan proses penilaian Posyantek Berprestasi Tingkat Nasional.

Verivfikasi & Presentasi
Verivfikasi & Presentasi

Oktober 2016, Informasi dari Provinsi bahwa Posyantek Gerbang Madani terpilih sebagai Nominator 6 Besar Nasional menjawab rasa penasaran dan gundah gulana selama ini. Segala dokumen dan materi Presentasi pun disipakan untuk dibawa dan dipaparkan kepada 6 Orang Juri yang akan menjadi Tim Penilai di Jakarta.

Dr Suprapedi M.Eng – Direktur PSDA TTG Kemendes PDTT RI;
Ir. Arie Sudaryanto M.P – PPTTG LIPI;
Sadono Sriharjo, ST. MM – Badan Pengkajian & Penerapan Teknologi;
Indra Sakti Lubis – Profesional
Harsono Sony, SE – Profesional
Ir. Arif Setyabudhi,Msi – Profesional
Tampil memberi paparan didepan 6 orang diatas yang mana mereka menjadi penilai dan penentu siapa saja yang akan menjadi Juara 1 hingga Juara 6 membuat sedikit gugup juga, untungnya sesi presentasi & tanya jawab yang berlangsung sekitar 1.5 jam bisa berjalan lancar sesuai dengan strategi yang telah sama – sama disiapkan oleh Tim dari BPMD Provinsi Kepulauan Riau.

Foto Bareng Pemenang Gelar TTG Nasional 2016
Foto Bareng Pemenang Gelar TTG Nasional 2016

22 November 2016 menjadi sejarah baru buat Posyantek Gerbang Madani, bertempat di Areal Islamic Centre berbarengan dengan Kegiatan Gelar TTG Nasional Tahun 2016 yang diadakan di Lombok – NTB, Posyantek Gerbang Madani maju sebagai Finalis dan mendapat penghargaan Juara 1 Kategori Posyantek Berprestasi Tingkat Nasional. Acara yang dihadiri oleh hampir 4000 orang dari seluruh Provinsi seluruh Indonesia ini dibuka oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo.

Foto Bersama Gubernur NTB
Foto Bersama Gubernur NTB

Gubernur NTB TGB HM Zainul Majdi yang menjadi tuan rumah terlihat antusias dalam menyambut para Tamu dan berharap kegiatan gelar TTG ini mejadi ajang silaturahmi para peneliti dan penemu, para praktisi teknologi tepat guna dengan para inventor, yakni mereka yang mendedikasikan hidupnya dengan melakukan pekerjaan untuk mengkreasikan suatu hal yang baru untuk kali pertama berjalan dengan lancar.

Pantun Posyantek
Pantun Posyantek

Alhamdulillah, terima kasih yang tidak terkira kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan semangat hingga akhirnya Posyantek Gerbang Madani bisa memberikan Prestasi yang menjadi kebanggan bersama.

Advertisements